HTTP

HTTP adalah dasar komunikasi data untuk World Wide Web (WWW). Setiap kali kita membuka website / halaman web kita akan menggunakan protokol ini. Sisi client meminta sisi server untuk membuka komunikasi pada port 80, port terbuka sisi server 80 dan di sisi client port acak terbuka. komputer klien membuka port lokal acak dan port terbuka 80 pada sisi server. Apakah HTTP (Hyper Text Transfer Protocol) Aman?

pertanyaan itu bisa dijawab dengan ilustrasi berikut ini : ada 2 orang dalam satu jaringan nirkabel dan BadGuy NiceGuy. NiceGuy mencoba untuk membuka http://friendster.com kemudian login ke dalamnya. Di tempat berbeda, BadGuy dalam jaringan nirkabel yang sama dengan NiceGuy. BadGuy menggunakan Wireshark untuk menangkap data paket semua ditransmisikan ke / dari titik akses. Dalam hal ini BadGuy hanya mengumpulkan dan melihat data paket yang dikirim oleh orang lain. Berikut adalah gambar ketika NiceGuy memasukkan username (email) dan password di friendster.com
Dan kemudian data berhasil ditangkap oleh BadGuy menggunakan Wireshark dengan Username: niceguy@yahuu.com dan password: heremypass. Kesimpulan HTTP Data paket yang dikirim menggunakan HTTP tidak terenkripsi, siapapun dapat melihat data dalam teks biasa seperti BadGuy lakukan. Itulah mengapa tidak menggunakan HTTP untuk perbankan atau transaksi di internet, dan juga itu tidak dianjurkan jika Anda membuka website halaman login yang menggunakan HTTP pada jaringan publik seperti area hotspot nirkabel.

Komentar

Postingan Populer