WIRESHARK INTRODUCTION


Wireshark merupakan sebuah software monitoring jaringan atau bisa juga disebut software sniffer freeware yang dapat didownload dengan mudah di www.wireshark.org. Walaupun termasuk kategori software gratis, software yang sebelumnya dinamakan Ethereal memiliki banyak fitur powerful yang tidak kalah dengan software sejenis. Program sniffer adalah program yang dapat digunakan apabila kita ingin ‘mengintip’ sebuah jaringan, baik Ethernet maupun non-ethernet. Hanya saja, sehari-hari rasanya kita lebih sering berkutat dengan jaringan non-ethernet (wireless).
Mengapa kita perlu ‘mengintip’ jaringan?
Salah satu alasan kuat kenapa kita perlu “mengintip” jaringan adalah “paket tidak pernah berbohong”. Yang dimaksud di sini, pada saat user jaringan mengatakan bahwa jaringannya pelan, atau jaringan nya tidak responsive, atau jaringan nya kadang cepat kadang tidak bisa connect, dsb. maka cara paling mudah adalah ‘mengintip’ jaringan dengan langsung melihat isi-isi paket yang lewat di jaringan tersebut. Dari sini bisa kita pelajari, bahwa jaringan yang tidak lancar, bisa disebabkan oleh banyak sekali faktor yang harus diselidiki lebih lanjut.
Wireshark dapat diinstall di berbagai operating system, seperti Windows (32 bit atau 64 bit), OS X , Ubuntu,dsb. Saya sendiri banyak memakai Wireshark pada Windows, dan rencananya pada saat tugas akhir nanti akan melibatkan wireshark untuk melakukan analisis.
Pada saat proses instalasi, juga akan diinstal aplikasi WinPCap, yang merupakan driver-driver khusus yang akan dipakai pada Wireshark. Apabila kita tidak menginstall WinPCap, maka Wireshark tidak akan bisa berfungsi untuk capture packet melalui jaringan.
Bagaimana cara memakai wireshark? Tunggu postingan berikutnya.

Komentar

Postingan Populer